Membangun otot dengan nutrisi yang seimbang

mengapa otot membutuhkan suplemen

Suplemen fitnes merupakan suplementasi makanan yang memiliki nutrisi untuk membantu dalam pembentukan otot, diet, menambah berat badan dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal seperti yang dimiliki oleh para binarawan, tentunya bukan hanya mengandalkan dengan melakukan latihan yang rutin saja, tapi dukung dengan asupan nutrisi yang di konsumsi, sehingga otot yang dilatih dapat terbentuk dengan baik dari asupan nutrisi yang dalam tubuh.

Melakukan fitnes atau olahraga lainnya sebenarnya dapat membuat sel micro otot akan rusak, namun jika nutrisinya tercukupi maka dapat terhindar dari penyusutan otot tersebut, selain itu dapat membuat massa otot akan berkembang dengan baik.

Jika bagi anda yang ingin membentuk otot, apakah nutrisinya sudah tercukupi ?

Seseorang yang melakukan olahraga lebih membutuhkan nutrisi yang banyak di banding dengan seseorang yang memiliki sedikit kegiatan, karena untuk melakukan fitnes membutuhkan energy yang besar yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi,makanya suplemen fitnes sering di konsumsi oleh para fitnes mania untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

mengapa otot membutuhkan suplemen

Jenis-jenis suplemen fitnes dan fungsinya
Sebelum macam-macam suplemen, maka saya akan membahas terlebih dahulu beberapa jenis suplemen yang cocok sesuai dengan kebutuhan program.

Suplemen fitnes untuk Menurunkan Berat Badan
Diet merupakan bagian dari beberapa orang dalam membangun otot, karena setiap orang memiliki badan yang berbeda dalam pembentukan otot. Ada beberapa suplemen yang memang memiliki fungsi yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan membakar lemak dalam tubuh. Ketika lemak dalam tubuh berkurang, maka biasanya tinggal fokus dalam pembentukan dan membangun massa otot, karena lemak yang menghalangi tubuh sudah berkurang. Hal ini bisa dijadikan salah satu cara untuk menurunkan berat badan bagi anda yang memiliki program diet.

Suplemen fitnes untuk menambah berat badan
Menambah berat badan merupakan bagian dari program pembentukan otot oleh sebagian para fitnes mania. Bagi seseorang yang memiliki badan kurus tentunya harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan yang masuk kedalam tubuh untuk di bentuk. Ketika keseimbangan nutrisinya tercukupi dalam tubuh, maka proses pembentukan otot bisa berjalan dengan baik, seperti yang di harapkan.

Penjelasan di atas adalah beberapa gambaran umum sebelum seseorang memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen jenis apa.
Macam-macam suplemen fitnes dan fungsinya

Ada banyak jenis suplemen fitnes yang bisa ditemui nantinya yang bisa di pilih sesuai dengan minat program seseorang.

1. Suplemen Gainer
Suplemen gainer atau susu gainer adalah salah satu jenis suplemen yang memiliki nutrisi yang cocok di konsumsi bagi seseorang yang ingin menambah berat badan dan sekaligus menambah massa otot. Nutrisi yang terkandung di dalamnya memiliki nutrisi yang cukup untuk membangun massa otot. Bertambahnya berat badan yang dihasilkan tersebut merupakan massa otot, bukan lemak. Sehingga berat badan yang di hasilkan dengan cara yang sehat.

Susu gainer itu sendiri merupakan makanan suplementasi makanan yang memiliki nutrisi kalori, protein, karbohidrat, lemak baik. Nutrisi yang didapat dari suplemen gainer ini memiliki nutrisi yang pas untuk memenuhi kebutuhan untuk tubuh. Sehingga berat badan yang di hasilkan di dapat dengan cara sehat.

Ada dua jenis susu gainer untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan seseorang, yaitu gainer tinggi akan kalori dan suplemen gainer rendah kalori. Jika badan seseorang kurus banget, maka tinggal konsumsi susu gainer tinggi kalori.

2. Suplemen protein
Whey protein merupakan nutrisi penting untuk membangun massa otot tubuh, dan jenis suplemen ini banyak orang konsumsi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan otot.

Untuk memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging sapi, putih telur, dada ayam dan makanan sejenis lainnya yang mengandung protein.

· Protein casein
Jenis protein casein itu sendiri adalah jenis protein yang lambat di serap oleh tubuh, dan jenis ini cocok dikonsumsi bagi seseorang yang ingin memenuhi kebutuhan harian secara bertahap. Protein casein merupakan jenis protein yang terdapat dari susu sapi sekitar 80 % dan sisanya 20 % yakni whey protein.

Di saat tidur tubuh memerlukan protein untuk memperbaiki otot dalam tubuh, ketika protein tercukupi saat tidur, maka saat tumbuh dan recovery otot akan tersuplai dengan bertahap.

Protein casein ini juga cocok digunakan untuk seseorang yang menjalani diet dan berpuasa. Dengan memiliki kinerja yang lambat untuk di serap dalam tubuh, maka bisa menahan rasa lapar lebih lama.

· Whey protein
Untuk melakukan fitnes memerlukan asupan makanan yang dapat meningkatkan energy dan dapat membangun massa otot dengan baik, sedangkan sebelum melakukan fitnes dianjurkan tidak megnkonsumsi banyak makanan, karena dapat membuat perut keram dan mual. Meskipun mengkonsumsi makananpun sebaiknya secukupnya dan itu pun untuk mengkonsumsinya 1 sampai 2 jam sebelum olahraga.
Whey protein adalah jenis protein yang mudah di serap dalam tubuh, sehingga dapat memberikan kebutuhan protein dalam waktu relatif cepat.

· Protein isolate
Protein isolate merupakan jenis whey yang memiliki kandungan yang tinggi akan protein dan memiliki sedikit karbohidrat dan lemak. Sehingga cocok dikonsumsi untuk seseorang yang ingin fokus menambah massa otot tanpa menambah lemak dan kalori.

· Whey protein concentre
Whey concentre memiliki kandungan protein sekitar 70% dan sisanya masih terdapat kandungan karbohidrat dan lemak. Selain itu whey ini memiliki kandungan BCAA dan Creatine yang bagus untuk seseorang yang ingin membuat tubuhnya terlihat berotot dan berisi.

· Beef protein
Suplemen beef protein merupakan jenis suplemen dari ekstrak daging sapi. Daging sapi itu sendiri memiliki manfaat yang baik untuk membantu pertumbuhan otot, karena memiliki kandungan nutrisi didalamnya, seperti zat besi zinc yang tinggi. Di bandingkan dengan jenis suplemen protein lainnya, suplemen beef protein di klaim dapat memberikan power untuk otot.

3. Suplemen Pembakar Lemak
Seseorang yang ingin membangun dan membentuk otot, dan memiliki badan yang berlebih atau gemuk tentunya hal yang pertama dilakukan adalah dengan cara mengurangi kandungan lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga lemak dalam tubuh tidak menghalangi otot yang di bentuk.
Suplemen pembakar lemak memeiliki fungsi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh dapat memberikan efek yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Dari proses pembakaran lemak tersebut oleh tubuh akan di ubah menjadi menjadi energy.

Suplemen ini juga sering banyak orang konsumsi dalam melakukan diet sambil melakukan olahraga. Melakukan olahraga sambil mengkonsumsi makanan yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh, merupakan hal yang baik untuk dilakukan sehingga berjalan dengan sehat.

4. Suplemen Pre-workout
Untuk melakukan fitnes atau jenis olahraga lainnya tentunya memerlukan energy dan tingkat fokus yang baik. Bagaimana mungkin melakukan olahraga dengan baik, namun yang di dapat melah merasa lemak dan tidak bersemangat melakukannya, yang ada malah tidak melakukan fitnes sama sekali.

Untuk mendapatkan energy tentunya memerlukan asupan makanan yang tepat yang dapat memberikan energy saat olahraga. Namun disatu sisi tidak disarankan mengkonsumsi banyak mengkonsumsi makanan sebelum olahraga, karena bisa membuat mual dan keram di perut. Manfaat Suplemen pre workout memiliki banyak manfaat untuk membantu program latihan anda, berikut beberapa manfaat dari suplemen pre workout.
· Meningkatkan fokus olahraga
· Meningkatnya daya tahan tubuh
· Dapat memberikan energy
· Membangun kekuatan otot

5. Suplemen Creatine
Kreatine itu sendiri bisa dihasilkan oleh tubuh secara alami melalui ginjal, pankreas dan hati. Kreatine yang dihasilkan tersebut akan di salurkan ke otot melalui aliran darah dan ketika sudah mencapai akan di ubah menjadi phosphocreatine.
Pada dasarnya creatine itu sendiri memiliki manfaat yang dapat membuat tubuh terlihat berisi dan meningkatkan massa otot, dan memiliki manfaat yang dapat mengikat air dalam tubuh.

6. suplemen amino
Amino merupakan penyusun dari protein. Protein itu sendiri terdiri dari beberapa jenis asam amino, Ada dua jenis asam amino yang dari terbentuknya protein, yakni asam amino essential dan asam amino non essensial. Jika asam amino tercukupi, maka pertumbuhan otot akan berkembang dengan baik.

Selain itu suplemen amino memiliki manfaat lain, selain dapat meningkatkan massa otot, yakni dapat membantu proses recovery. Sehingga bisa terhindar dari penyusutan otot.

Ketika melakukan latihan, maka tubuh akan mambakar glukosa dan glikogen dari makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan energy. Hasil pembakaran tersebut dapat membuat otot menjadi lelah, dengan terpenuhinya asam amino dalam tubuh, maka glutamin yang terdapat dari asam amino dapat menetralisir asam laktat tersebut.

7. ZMA
Pada dasarnya kandungan testosteron antara perempuan dan laki-laki berbeda, makanya kaum pria memiliki kesempatan memiliki otot yang mudah terbentuk, karena testosteron pria lebih besar di banding pria.

Pertumbuhan otot itu sendiri identik dengan asupan testosteron tubuh, semakin baik dan optimal testosteron seseorang maka memiliki peluang yang besar dalam membangun otot. Kandungan Zinc yang terdapat dari suplemen ZMA memiliki peranan yang dapat mengaktifkan reseptor androgen tubuh. reseptor androgen yang di hasilkan tersebut memiliki manfaat yang dapat memproduksi testosteron dalam tubuh.

8. Suplemen BCAA
BCAA sendiri merupakan kependekan dari Branched Chain Amino Acids . suplemen ini memiliki fungsi utama untuk pemulihan otot setelah selesai melakukan latihan, mencegah dan mengurangi nyeri otot dan mencegah penyusutan otot setelah latihan dan masih banyak lagi manfaat suplemen BCAA.

9. suplemen L-carnitine
l-carnitine memiliki fungsi utama untuk membantu asam lemak tubuh bergerak maju ke mitokondria, sehingga bisa proses pembakaran bisa terbantu. Selain itu hasil pembakaran lemak tersebut akan di ubah menjadi energy dan memiliki manfaat yang dapat pembentukan asam laktat tubuh yang bisa membuat otot cepat lelah.